Kamis, 06 Desember 2012

Tugas Resume Materi PBO1


Pemrograman Berorientasi Objek
Tujuan :
·         Memahami mengenai pemrograman berorientasi objek dan konsepnya.
·         Memahami perbedaan class dan objek
·         Memahami atribut dan method.
·         Mengenal Inheritance dan Polimorfisme

Object Oriented Programing merupakan cara atau metode baru dalam membuat program dan dalam teknik membuat proggram OOP adalah dengan mengetahui terlebih dahulu Objectnya, kemudian atribut (data) dan mepilaku (fungsi)


Konsep Dasar Pemrograman Berbasis Objek antara lain:
1.      Class merupakan penggambaran dari sebuah object atau benda, sifat object dan juga apa yang bisa dilakukan oleh object. Sebagai contoh
class  dog
adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object.

2.      Object merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

3.      Attribute adalah objek yang membedakan antara objek satu dengan objek yang lainnya. Dalam class, attribute sering disebut dengan variable. Attribute dibedakan menjadi 2 jenis yaitu instance variable dan class variable.

4.      Methods adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu. Cara objek berkomunikasi dengan objek yang lain adalah dengan menggunakan method.

5. Constructor adalah kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.


Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek antara lain:

1.      Encapsulation adalah Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. Variabel dan method yang dimiliki oleh suatu objek, bisa ditentukan hak aksesnya.

2.      Inheritance adalah pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya. Class yang mewarisi disebut superclass dan Class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainya, disebut sebagai multilevel inheritance.

3.      Polymorphisme adalah kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk. Polimorfisme tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin. Metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesan tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama


4.       Override method merupakan method yang sama persis dengan method yang sudah ada di super kelasnya, biasanya perbedaannya adalah pada implementasi (program body)

Contohnya :

class Kendaraan {
..............
public String getJenis() {
System.out.println(“Harga BBM turun”);
}
}
class Motor extends Kendaraan {
..............
public String getJenis() {
System.out.println(“Harga BBM premium 4000 rupiah”);
}
}

5.       Overload method merupakan method dengan nama  sama dalam satu class, tetapi berbeda prameter.
Contoh programnya :

class Point {
int x;
int y;
Point(int x, int y) {
this.x = x;
this.y = y;
}

Point() {
x = -1;
y = -1;
}
}
class PointCreateAlt {
public static void main(String args[] ) {
Point p = new Point();
System.out.println("x = " + p.x +" y =" + p.y);
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar