Pemrograman
Berorientasi Objek
Tujuan :
·
Memahami
mengenai pemrograman berorientasi objek dan konsepnya.
·
Memahami
perbedaan class dan objek
·
Memahami
atribut dan method.
·
Mengenal
Inheritance dan Polimorfisme
Object Oriented Programing merupakan cara atau metode
baru dalam membuat program dan dalam teknik membuat proggram OOP adalah dengan
mengetahui terlebih dahulu Objectnya, kemudian atribut (data) dan mepilaku (fungsi)
Konsep
Dasar Pemrograman Berbasis Objek antara lain:
1. Class
merupakan penggambaran dari sebuah object atau benda, sifat object dan juga apa
yang bisa dilakukan oleh object. Sebagai contoh
class dog
adalah suatu unit yang terdiri atas
definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam
perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan
struktur dalam pemrograman berorientasi object.
2. Object
merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer
berorientasi objek.
3. Attribute
adalah objek yang membedakan antara objek satu dengan objek yang lainnya. Dalam
class, attribute sering disebut dengan variable. Attribute dibedakan menjadi 2
jenis yaitu instance variable dan class variable.
4. Methods
adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task
tertentu. Cara objek berkomunikasi dengan objek yang lain adalah dengan
menggunakan method.
5. Constructor adalah kemampuan sebuah
program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan
untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari
"pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan
keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa
mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode
dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan
sebuah pengabstrakan.
Karakteristik
Pemrograman Berorientasi Objek antara lain:
1. Encapsulation
adalah Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi
serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut. Variabel dan
method yang dimiliki oleh suatu objek, bisa ditentukan hak aksesnya.
2. Inheritance
adalah pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya. Class
yang mewarisi disebut superclass dan Class yang diwarisi disebut subclass.
Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainya, disebut sebagai
multilevel inheritance.
3. Polymorphisme
adalah kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk.
Polimorfisme tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin. Metode tertentu yang
berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di
mana pesan tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan
"gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor
singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari.
Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan
hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam
program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program
berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang
berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan
dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi
kelas-pertama
4. Override method merupakan method yang sama
persis dengan method yang sudah ada di super kelasnya, biasanya perbedaannya
adalah pada implementasi (program body)
Contohnya
:
class
Kendaraan {
..............
public
String getJenis() {
System.out.println(“Harga
BBM turun”);
}
}
class
Motor extends Kendaraan {
..............
public
String getJenis() {
System.out.println(“Harga
BBM premium 4000 rupiah”);
}
}
5. Overload method merupakan method dengan nama sama dalam satu class, tetapi berbeda
prameter.
Contoh
programnya :
class
Point {
int
x;
int
y;
Point(int
x, int y) {
this.x
= x;
this.y
= y;
}
Point()
{
x
= -1;
y
= -1;
}
}
class
PointCreateAlt {
public
static void main(String args[] ) {
Point
p = new Point();
System.out.println("x
= " + p.x +" y =" + p.y);
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar